Promosi Blog Baru

Picture2Untuk kondisi jaman now, nyaris gak ada lagi aktivitas yg tidak mengandalkan pulsa, alias serba online. Berdampak terhadap prilaku hingga kehidupan sosial seperti “mabuk gawai” atau phubbing. Tuntutan telah menghendaki demikian berikut resikonya. Lebih praktis pesan kamar hotel dan tiket pesawat, bayar via dompet virtual. Meski berarti kehilangan sahabat yg juga penjual tiket langgananku selama ini. Begitupun kebiasaan baruku pada beberapa tahun terakhir, seperti meminta siswaku bikin tugas yg harus dikirim via blog. Juga saat hadir sbg pemapar, kadang aku minta disediakan LCD berikut wifi untuk akses presentasi online dari artikel di blog pribadi berikut tayang video dari chanelku, jika memungkinkan. Hal ini bukan lagi sekadar trend, maka perlu optimal. Salah satunya berupa “promosi”, perkara yg mungkin kurang nyaman termasuk buatku. Bentuk promosi paling dasar dan gampang, misalnya menyebarkan link video atau link blog ke grup WA. Bukan kirim video, karena yg diharapkan agar terjadi akses kontak.

Jika ditinjau dari posisi kerja saat ini, rasanya memalukan buatku, seolah mengemis. Namun karir dan status terus berubah, maka aku harus “sok tabah” melakukan, it’s like a dirty job, but somebody has to do it. Maka kuanggap sbg prospek bekal pensiun online yg lagi kurintis. Hingga saat ini dari sejumlah 200an video onlineku sudah menghasilkan sekian juta rupiah selama dua tahun terakhir, tidak termasuk blog. Angka yg normalnya akan terus bertambah sejalan status monetized, bahkan saat aku kelak berhenti bikin video, selama youtube gak bubar. Begitupun promosi yg dilakukan perlu lebih efektif. Pengalaman telah mengajarkan, jangan terlalu berharap bantuan teman dan saudara. Salah satu faktor penting dunia maya adalah faktor anonim yg memang anomali, bisa dijadikan keunggulan. Contoh, anda lebih nyaman nonton bahkan membagikan link video di youtube dari pemilik yg tidak dikenal, ketimbang chanel teman sendiri. Maka jurus itulah yg kuoptimalkan melalui wadah promosi berupa dua blog baru, Jazzy Tunes dan Indomusikenangan, khususnya bagi segmen di luar Indonesia. Indikasinya muncul pada status trafik dgn mayoritas akses dari Eropah. Inilah yg kumaksud bekal pensiun, bukan ikutan ngabisin pulsa kirim video di tiap grup WA. Mungkin beginilah empati Kolonel “KFC” Sanders atau Jack Ma saat masih jadi gelandangan tak dikenal. (nDy)1.Jazzy

2 comments

  1. Trims…….jadi….. BIKINNYA BAGAIMANA ? Apakah ada “theme” tertentu yang tinggal di gaplok terus tinggal dimasukin deretan “featured picture’ dsn linknya….. ato gimana???? Soalnya saya udah bikin banyaaak postingan alangkah bagus kalau disatu tempat kita tinggal buka “grid” terus tinggal pentok mana yang mau dilihat. Salam blogger.

    Liked by 1 person

    • Maksudnya bikin “blog”? Saya cuma pengalaman yg gratisan pake Blogspot dan WordPress, dan mudah krn menu wizard juga template. Jaman belasan tahunan lalu rada ribet krn pake HTML dan menu widget harus nyari sendiri. Tiap blog sebaiknya ada tema khusus maka “theme” menyesuaikan. Lalu setiap blog tsb terhubung lewat link saja biar gak “sumpek” dan lebih ringan, terutama friendly bagi yg akses via smartphone. Btw blog saya sebetulnya bukan hanya soal posting, tapi media (promosi) agar video youtube saya di akses. Thanks atensinya, salam blogger ;o)

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s