Evaluasi Januari – Maret 2018

Untitled-1 copyDunia youtube semakin berkembang pesat. Bukan lagi sbg sumber berita, arsip dan promosi, melainkan cara memperoleh pendapatan. Misalnya anda nemu turis sibuk foto atau bikin video perjalanan, mungkin dia dapat dana hasil dari youtube. Entah berupa monetized atau iklan, maupun dukungan sejumlah sponsor. Video content is leading the way in the content marketing scene and youtube is currently the leading platform for video blogging (vlog-ging), video sharing and marketing. Seumpama kantor anda ingin outbound di pulau kecil sambil merekam kesan, bisa melibatkan beberapa peran seperti photographer (termasuk underwater hingga drone), armada transportasi, bahkan pihak penginapan masuk di video untuk youtube. Mereka juga butuh publikasi dan promosi dgn peristiwa masal yg unik dari kegiatan kantor tsb, maka semua pihak saling dukung serta nama dan logo masing2 tampil dalam youtube for video consumption.

Atas dasar popularitas dan peluang mencari dolar, maka youtube sejak Maret 2018 merubah kebijakan lebih selektif. Antara lain sanksi lebih berat bagi akun yg melanggar hak cipta dan hak edar, serta batasan minimal 1.000 subscribers untuk monetized. Tentu berat bagi youtubers pemula atau malas yg hanya mampu ngumpulin 100 subscribers atau aplod 10 video per tahun. Sebagai info, akun PosMusicA telah berusia efektif 3 thn dgn subscribers mendekati 3.000an dan jumlah video 180an. Tidak termasuk 50an video yg telah kuhapus akibat teguran hak cipta. So you must be wondering how can get more youtube subscribers and viewers, in order to increase the reach of your youtube videos and audiences. Dari sekian banyak cara kreatif, aku tetap memakai cara promosi lama yakni lewat blog pribadi. Berupa tulisan via blog yg lebih leluasa menjelaskan isi video (vlog), dan sebaliknya. Berdampak cukup signifikan, beberapa video yg pernah kuulas atau dimuat di blog akan mendapat peningkatan Viewers juga Likes. Serta lewat data blog lebih mudah melihat jalur interaksi seperti data berikut ini.UntitledStatistik kunjungan blog PosMusicA periode Januari – Maret 2018.

Negara pengunjung terbanyak, hanya ditampilkan 9 teratas. Ada kemajuan lewat kunjungan dari Afrika Selatan dan Nigeria, sehingga blog PosMusicA telah di klik di seluruh lima benua pada tahun ini. Oya blog PosMusicA gak dimonetized alias tidak menghasilkan dolar, jika anda khawatir untuk bayar ongkos ngopi hue hee

Sumber kunjungan cukup beragam termasuk hasil googling, artikel paling banyak dicari dan diakses adalah tentang BKPRD, serta esay dan video tentang Kelautan Kalbar. Artinya PosMusicA telah berperan bukan hanya tentang hiburan belaka.

Jumlah kunjungan dan viewers per hari amat dinamis, untuk rata2 mencapai 160an klik dari 30an viewers. Namun gak bisa dilihat asal media kunjungan mereka, apakah hasil promosi di WA, FB ataukah googling.

Kadang aku merasa gak berguna setelah promosi blog dan video untuk kalangan sendiri via WA, meski ada tanggapan secara pribadi. Namun akan tetap kulakukan atas nama konsistensi dan gak akan pernah promosi video milik orang gak jelas. (nDy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s