Batas Kewenangan Pengelolaan SDA Kelautan Provinsi Kalimantan Barat

I. TUJUAN:
1. Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pada Pasal 27 menyebutkan daerah provinsi memiliki kewenangan pengelolaan SDA di laut, paling jauh 12 Mil Laut diukur dari garis pantai ke arah laut lepas dan/ atau ke arah perairan kepulauan. Kewenangan ini tidak dimiliki oleh pemerintah kabupaten dan kota, sehingga perlu dilakukan koordinasi antara Pusat dan Daerah.
2. Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Ketidak sesuaian Tata Ruang, Kawasan Hutan, Izin, dan/ atau Hak Atas Tanah.
3. Peraturan Presiden No. 23 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Perpres No. 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta Pada Tingkat Ketelitian Peta Skala 1:50.000, dimana diamanatkan bahwa Kemendagri menjadi penanggung jawab peta batas wilayah administrasi kewenangan Pengelolaan Sumber Daya Laut Provinsi pada skala 1:250.000 – 1:25.000.
         
II. PELAKSANAAN:
1. Dilaksanakan oleh Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, bertempat di ruang rapat Hotel Novotel Jakarta, hari Kamis 16 Juni 2022. Rapat dibuka oleh Kepala Sub Direktorat Batas Antar Daerah Wilayah II mewakili Direktur Toponimi dan Batas Daerah Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan.
2. Acara dihadiri oleh para pejabat yang diutus dari Provinsi Kalimantan Barat, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Serta utusan dari lembaga terkait yakni Badan Informasi Geospasial, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Direktorat Topografi TNI AD, dan Pushidros TNI AL.
      
III. HASIL DAN KESIMPULAN:
1. Batas pengelolaan laut provinsi memiliki fungsi strategis, antara lain sebagai pemisah wilayah kewenangan secara administrasi dan menjadi titik tolak kegiatan daerah untuk melakukan upaya pembangunan. Berupa penetapan untuk kegiatan eksplorasi, eksploitasi, konservasi dan pengelolaan kekayaan laut di luar migas, serta pengaturan administratif, kejelasan luas wilayah pengelolaan, pengaturan tata ruang dan kejelasan perizinan pemanfaatan SDA di laut.
2. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Biro Pemerintahan Setda Prov. Kalbar telah mengadakan Rapat Koordinasi Pembahasan Peta Kerja Batas Wilayah Administrasi Pengelolaan Sumber Daya Alam Laut Kalbar. Acara berlangsung pada Kamis, 12 Mei 2022, bertempat di Ruang Rapat Asisten I Sekda Prov. Kalbar, dalam rangka menindak lanjuti Berita Acara Nomor 25/ BAD II/ IV/ 2022 tanggal 14 April 2022 tentang Penyerahan Peta Kerja Batas Wilayah Administrasi Pengelolaan Sumber Daya Alam Laut Prov. Kalbar dari Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri.
3. Rapat ini juga membahas batas kewenangan pengelolaan SDA laut antara Prov. Kalimantan Barat dengan provinsi tetangga bersebelahan yaitu Kalimantan Tengah, berupa menyandingkan batas laut dari peta kerja Kemendagri dengan batas laut pada Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZ WP-3-K) Provinsi.
4. Sehingga sinkronisasi peta batas laut dapat menjadi pemutakhiran terhadap Berita Acara tentang Kesepakatan Penyelesaian RZ WP-3-K antara Prov. Kalbar dengan Kalteng yang telah dilaksanakan di Pontianak pada Senin, 18 September 2017, sebagai bagian proses penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang berpedoman pada Peraturan Mendagri No. 13 Tahun 2016 tentang Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Daerah.
5. Selanjutnya hasil sinkronisasi peta batas laut dituangkan dalam Berita Acara Kesepakatan Nomor 37/ BAD II/ VI/ 2022 tanggal 16 Juni 2022 yang menjadi suplemen dalam mendukung percepatan kebijakan satu peta. Hasil kesepakatan inipun menjadi dasar dalam penyusunan Integrasi RZ WP-3-K ke dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP).
6. Serta Kemendagri memfasilitasi perizinan pemanfaatan ruang di laut, yang saat ini ditarik ke Pusat pasca UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dapat dikembalikan ke daerah provinsi sesuai UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. (dionisius endy)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s