Halmahera – Kuyakini

MANUSIA SENANG jika dapat hadiah, apalagi terima honor. Makin besar nominal, naik pula dampaknya. Dari kesenangan bisa berlipat menjadi bahagia berkualitas. Ada pengalaman yg gak terukur. Bukan lagi soal berapa, tapi bagaimana. Maka bahagia juga butuh posisi memberi selain penerima. Abaikan pamrih, karena demi diri sendiri. Melatih ikhlas, tangan kiri gak perlu lihat pemberian tangan kanan. Menerima karena ada pemberian, dan sebaliknya. Begitulah siklus hidup, statis berarti mati. Ilmu ini kudapat dari Edo, Kabid Kelautan Sulteng. Sahabatku menjabarkan Asbabun Nuzul, secara etimologi tentang makna terhadap pesan terjadinya sesuatu. Nothing happens by co-incidence. Bahagialah jika masih punya kesempatan memberi. “Tapi gw belum pernah foto ama Polwan, tadi elu lewat jalan mana sih bro”, tanya Edo.

SETELAH SURVEY ke Teluk Tomini di Poso, kupinjam mobil pribadi Edo. Nyetir sendiri nyari Kaledo, sop Kaki Lembu Donggala. Ternyata jalan pintas yg kulalui se arah. Langsung dicegat dua Polwan bermotor. “Saya pendatang, mau nyoba Kaledo. Mbak bisa tolong antar biar lancar?”. Mereka sepakat, seolah mengawal ke restoran. Sekalian kutraktir karena memang jam makan. “Terima kasih pak, tapi tilang tetap ya”. No problemo. Bahagia memang tentang pengalaman, bukan soal takaran. Imam Al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menulis, “Kemiskinan dan kekayaan hanya dua kendaraan. Aku gak peduli mana yg harus kunaiki. Jika miskin, sesungguhnya ada kesabaran. Saat kaya, maka di dalamnya ada kemurahan”. Filosofi yg mungkin diamalkan Halmahera saat kompetisi Yamaha Band Explosion 1989. Juri menetapkan gak ada juara pertama. Mereka di posisi kedua, berhak mewakili Indonesia ke final di Tokyo. Namun Elfa Secioria dan Tamam Husein yg diutus panitia. Halmahera memang kalah pamor. Tapi reputasi Tohpati dan basis Indro Hardjodikoro makin berkibar setelahnya. (nDy)
Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s