Desa Berbasis Konservasi

Seorang kawan lama tiba-tiba menyapa saya lewat aplikasi WhatsApp. Dia bukan sekadar kawan belaka, tapi juga senior dan guru dalam banyak hal. Namanya Dionisius Endy. Kini mengabdi di Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar sebagai Kepala Bidang Kelautan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil. Jauh sebelumnya, saya mengenal Endy sebagai seorang komentator musik dan lebih dikenal di Radio Volare lewat siaran legendarisnya Oldies Night. Di situ Endy kerap bercuap-cuap santai. Piawai menulis tentang musik dan kerap membantu pekerjaan saya di Desk Seni Budaya Harian Suaka kala itu.
Sebuah video berjudul Desaku Yang Kucinta, menyertai pesan yang dia kirim. Usai meladeni kesibukan malam, saya pun menikmati video berdurasi 6 menit 10 detik itu. Ada rasa takjub. Juga penasaran ingin mengulik lebih jauh kenapa video ini dibuat. Ternyata dia bermula dari Rencana Pengelolaan Zonasi (RPZ) Kawasan Konservasi Perairan. Ada sembilan langkah yang ditempuh DKP Kalbar untuk sampai pada tahap final. Sebuah angka keramat tentunya.
Langkah itu dimulai dari pembentukan Pokja RPZ, pengumpulan data primer, analisis, FGD penataan kawasan konservasi perairan, FGD penyusunan rancangan rencana jangka panjang dan menengah, konsultasi publik, perumusan zonasi dan rencana pengelolaan kawasan konservasi Perairan, perumusan dokumen final, dan keluaran dari pekerjaan meliputi RPZ Kawasan Konservasi Perairan Taman Pesisir Paloh Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Kayong Utara, dan Kabupaten Ketapang.
Jalan yang ditempuh oleh para pendekar kelautan Kalbar ini sungguh sangat melelahkan. Silang pendapat, adu argumentasi, juga perdebatan, tentu menjadi bumbu penyedap rasa dalam meracik sebuah proses pencapaian tujuan. Dan video dokumenter ini, adalah pemantik dari rencana panjang untuk menata peradaban yang lebih humanis. Jika Anda tidak percaya, inilah saat yang tepat untuk menonton. Selamat menikmati… *Daeng Rizal@Mongabay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s