Fenomena Tak Tun Tuang

1Awalnya aku terpikat dgn video sepasang burung kakatua joget diiringi nyanyian Don’t Be Cruel oleh pemiliknya. Belum terfikir untuk aplod ulang, lagian pasti kena klaim hak cipta. Lalu dari grup di FB rupanya lagi bahas lagu Indonesia yg viral di Asean, Tak Tun Tuang. Naluri langsung bereaksi, mengedit video kakatua plus lagu dalam versi akustik dan dance-mix. Gak sampai satu jam langsung jadi dan aplod, langsung nongol ikon dolar ijo. Artinya status bersih dan monetized.

Dalam lingkungan youtubers, dikenal istilah re-uploader. Umumnya bagi mereka saat menayangkan video eksisting (karya orang lain) tapi setelah proses permak, mencakup audio atau video maupun keduanya. Patokan secara etis dan legal hanya berdasarkan kriteria yg telah ditetapkan pihak netral yakni oleh youtube, disertai keterangan atau informasi sepantasnya. Maka syah saja untuk aplod karya youtubers lain, namun bagi yg sudah pengalaman atau punya 100an video akan berlaku unsur kepuasan pribadi atau tidak. Buatku sih gak masalah, toh indikator akhir ada pada ikon dolar hijau tadi. Apa gunanya bikin video orisinil dan dianggap penting tapi hanya dapat 100 viewers untuk setahun, sedangkan dgn video permak bisa langsung 1.000 viewers dalam semalam?11Itulah yg terjadi dgn video Tak Tung Tuang Kakatua, baru 20 jam tayang langsung gaet 3.200 viewers dan puluhan Likes. Sedangkan statistik video sebelumnya yg kuanggap idealis dan penting seperti pesona mangrove Kalbar, konservasi Penyu, atau promosi Pulau Lemukutan, harus susah payah disebarkan. Termasuk menahan malu dianggap sok jual diri atau cari perhatian, itupun hanya seribu viewers setelah beberapa bulan. Youtube bisa memberi pelajaran agar lebih realistis juga tanggap, meski gak harus mengorbankan idealis. Misalnya kalo cuma untuk target kejar viewers bisa saja dgn jenis video vulgar apapun. Tapi tulisan ini lebih bermakna dan mudah dipahami oleh mereka yg sudah pernah bikin dan aplod di youtube minimal 20 video ;o)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s